Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Cara menggabungkan file dengan HJ Split

28 October 2014 | 22:12 WIB Last Updated 2023-02-21T05:24:43Z

Cara menggabungkan file dengan HJ Split. Pernahkan Anda menemui file dengan ekstensi .rar.001, .rar.002, .rar.003 dst atau .zip.001, .zip.002, .zip.003 dst? File apa itu dan bagaimana cara menggabungkan file-file ini? Ssaya yakin Anda yang membaca postingan ini pernah menemui file-file “aneh” tersebut. Sebenarnya file -file dengan ekstensi .001, .002, .003 dst itu adalah file hasil split dari sebuah file yang biasanya memiliki ukuran besar. Tujuan split (memecah) file menjadi beberapa bagian yaitu untuk menjadikan ukuran file lebih kecil dan agar lebih mudah untuk di upload.

Cara menggabungkan file

cara menggabungkan file .001Nha.. bertepatan pada postingan ini, saya juga sedang upload file database ESET Offline Update. Karena ukurannya yang lumayan besar dan beberapa kali mengalami gagal upload  (untuk dibagikan kepada para pengguna dan pecinta antivirus ESET). Akhirnya saya split (pecah) file database tersebut menjadi beberapa bagian.

Cara menggabungkan file (Join Files)

Untuk menggabungkan file (join files) database eset tersebut sangat mudah. Anda hanya memerlukan satu tool Split Joiner namanya HJ Split. Sebenarnya banyak tool-tool lainnya, namun saya lebih terbiasa dengan HJ Split ini karena mudah, berukuran kecil, portable dan yang pasti gratis ๐Ÿ˜€ Berikut ini langkah-langkah menggabungkan file yang telah di pecah menggunakan HJ Split:

  1. Download tool HJ Split dulu
  2. Ekstract HJ Split yang telah Anda download tadi
  3. Klik dua kali HJSplit.exe untuk membuka programnya
  4. Klik tombol Join
  5. Klik tombol Input File kemudian cari dimana file yang akan Anda gabungkan (file yang berekstensi .001, .002 dst) lalu klik Open
  6. Klik tombol Output jika Anda ingin merubah letak penyimpanan hasil Join file. Jika tidak ingin merubah biarkan saja.
  7. Klik tombol Start lalu tunggu sampai proses joining selesai.

Setelah file berhasil di Join-kan, selanjutnya Anda bisa membuka file tersebut. Akan tetapi jika filenya berkstensi .rar atau .zip maka Anda harus mengekstraknya terlebih dulu pastinya.

Video cara menggabungkan file

Berikut saya sertakan video cara Join file menggunakan HJ Split.

×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023