Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Hosting Indonesia terbaik, murah dan full fitur

03 March 2015 | 18:50 WIB Last Updated 2023-02-21T05:24:43Z

Hosting Indonesia terbaik – Anda mencari web hosting Indonesia terbaik untuk website atau blog Anda ? Fitur hosting dan pelayanan yang seperti apa yang Anda inginkan? Atau Anda malah belum tau dan mengerti soal hosting? Ok.. Sebaiknya Anda baca tulisan ini. Mengapa? Dalam tulisan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dengan beberapa hosting yang katanya terbaik dan unlimited serta mengulas seputar hosting dan tips memilih hosting. Jika Anda pemula, sebaiknya baca-baik-baik sebelum memutuskan untuk menyewa atau membeli hosting.

Hosting Indonesia terbaik

Sebuah pertanyaan: “Apa yang Anda harapkan dari penyedia hosting?” Harganya murah, space yang besar bahkan unlimited, bandwidth besar bahkan unlimited, pelayanan yang super cepat atau yang lainnya?

Hosting Indonesia terbaik, murah dan full fitur

Tentu Anda menginginkan semua fitur itu ada pada web hosting Indonesia terbaik Anda, benar bukan?! Ok.. Anda akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan diatas jika Anda mau membaca kelanjutannya dibawah ini.

Apa itu hosting? Hosting adalah tempat menyimpan file-file (data-data) Anda yang akan Anda dengan tujuan agar orang lain bisa melihat atau mendownload file-file Anda tersebut melalui koneksi internet. Hosting  ini disimpan dalam satu server dan ditempatkan pada satu rak server.

Hosting dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu: Shared Hosting, Virtual Private Server dan Dedicated Server. Perbedaan mendasar antara Shared Hosting, Virtual Private Server dan Dedicated Server terletak pada bagaimana sebuah server computer  digunakan oleh user (pelanggan). Di bawah ini adalah contoh sebuah server dengan casing/box berbentuk  rack-mount ukuran 1U (paling tipis).

Shared Hosting Indonesia

Apa itu shared Hosting? Jika Anda berlangganan shared hosting atau biasa disebut web hosting saja sebagai web hosting Indonesia terbaik, maka yang terjadi adalah sebuah server seperti pada gambar di atas dipakai secara berjamaah antara Anda dan pelanggan yang lain. Semua website pelanggan berjalan pada sistem operasi dan kontrol panel yang sama. Sebuah server bisa dipakai bersama-sama oleh ratusan hingga ribuan website.

Resources atau sumber daya yang dipunyai oleh server tersebut dinikmati bersama-sama dengan seluruh pelanggan. Ketika ada pelanggan yang rakus dalam memakan resources, maka pelanggan yang lain akan terganggu. Dan bila penyedia hosting tidak segera mengambil tindakan, maka hosting ini tidak layak dijadikan web hosting Indonesia terbaik yang harus Anda sewa.

Namun akhir-akhir ini sudah ada sistem operasi komersial bernama CloudLinux yang memungkinkan pembatasan (pembatasan = limit) sumber daya untuk setiap user. Dibatasi berapa konsumsi CPU dan Memory maksimal yang diperkenankan. Ketika sudah menyentuh batas maka website user tersebut tidak bisa diakses, sementara user yang lain tetap aman tidak terpengaruh.

Jika diibaratkan sebuah rumah, maka shared hosting bisa digambarkan sebagai sebuah rumah tanpa kamar dimana semua penghuni akan beraktifitas di ruangan yang sama, memakai kamar mandi yang sama, menjemur baju di jemuran yang sama dan menerima tamunya masing-masing di ruangan yang sama. Ketika ada seorang penghuni yang hobi berisik, maka penghuni yang lain bisa tertanggu.

Virtual Private Server

Jika Anda berlangganan VPS sebagai web hosting Indonesia terbaik, maka seolah-olah Anda memiliki sebuah server sendiri. Cara kerjanya, sebuah server seperti pada gambar di atas dibagi-bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan resources atau sumber daya yang dimilikinya sehingga setiap bagian bisa menjalankan sistem operasi sendiri-sendiri.

Lazimnya sebuah server bisa dibagi menjadi puluhan VPS. Sistem pembagian virtual tersebut biasa disebut sistem virtualisasi. Ada 2 jenis virtualisasi, yaitu virtualisasi berbasis operating system, dan virtualisasi berbasis hardware.

VPS cocok untuk website yang memiliki banyak pengunjung, website yang memerlukan privacy dan security khusus dan website yang memerlukan settingan khusus namun memiliki keterbatasan biaya jika harus berlangganan dedicated server sebagai web hosting Indonesia terbaik.

Jika diibaratkan sebuah rumah, maka VPS ibarat sebuah rumah kontrakan dimana setiap kamar memiliki pintu sendiri-sendiri yang langsung terhubung ke halaman rumah. Maka setiap penghuni kontrakan bebas membawa perabotan masing-masing dan memutar musik sesuai seleranya tanpa kuatir mengganggu kamar sebelah. Setiap penghuni seperti memiliki rumah sendiri-sendiri padahal nyatanya mereka hanya tinggal di sebuah kamar dari sebuah rumah besar. Tetap saja jika dia berkelakuan tidak baik maka pemilik rumah bisa mengusirnya :))

Dedicated Server

Jika Anda berlangganan web hosting Indonesia terbaik dedicated server, maka sebuah server fisik akan digunakan oleh Anda sendiri sehingga Anda bisa menginstall sistem operasi dan kontrol panel serta melakukan pengaturan-pengaturan secara penuh terhadap server tersebut.

Jika diibaratkan sebuah rumah, maka dedicated server ibarat sebuah rumah yang ditempati oleh satu keluarga saja. Maka keluarga tersebut bebas mau mengecat rumahnya warna apa, bebas memasang wall-paper, bebas menerima tamu jam berapapun dan kebebasan-kebebasan lain layaknya tinggal di rumah sendiri. Namun demikian sebuah rumah tetaplah berada di dalam kompleks perumahan. Maka keluarga tersebut tetaplah tidak boleh membuat kegaduhan yang bisa mengganggu penghuni kompleks yang lain.

Cloud Server?

Nah mungkin Anda bertanya-tanya kok akhir-akhir ini banyak sekali istilah CLOUD ya? Apa sih sebenarnya cloud itu? Apakah cloud server bisa dijadikan pilihan web hosting Indonesia terbaik ? Jadi cloud server itu sistemnya hampir mirip dengan VPS dimana ada virtualisasi di dalamnya. Bedanya, jika pada VPS itu virtualisasinya bertujuan membagi sebuah server menjadi beberapa virtual server, maka pada cloud server ini virtualisasinya bertujuan untuk menggabungkan banyak server menjadi seolah-olah satu server raksasa yang memiliki sumber daya sangat besar.

Nah, cloud server tersebut kemudian digunakan sebagaimana mestinya. Bisa dipakai sendiri misalnya oleh perusahaan besar yang butuh sumber daya komputasi yang besar (misalnya untuk pengolahan big data dan sistem iCloud yang dimiliki Apple dimana pengguna iPhone, iPad dan MacBook bisa mengunggah datanya tanpa batas ke ‘awan’), atau bisa dipakai beramai-ramai seperti halnya shared hosting dan VPS.

Maka kemudian muncul istilan Cloud VPS. Nah, ini adalah sistem virtualisasi yang berjalan di atas sistem virtualisasi. Sumber daya cloud server tadi dipecah-pecah lagi secara virtual menjadi kecil-kecil. Bedanya dengan VPS biasa, pada Cloud VPS ini sumber daya server yang digunakan adalah sumber daya virtual yang tersebar di banyak server. Ketika ada sebuah server dalam sistem cloud tersebut mengalami kegagalan/error, maka server yang lain langsung menangani tanpa ada jeda. Sedangkan pada VPS biasa, ketika servernya error maka seluruh VPS dalam server tersebut bisa terpengaruh. Muncul juga istilah cloud hosting, yaitu shared hosting yang berjalan di atas cloud server.

Yang saya maksud UNLIMITED disini adalah UNLIMITED SPACE dan UNLIMITED BANDWIDTH. Bukan yang lain!

Unlimited Hosting Indonesia terbaik ?

Dari keterangan diatas, dapat diketahui bahwa hosting unlimited itu tidak ada (lihat kalimat berwarna merah diatas). Jika seorang pelanggan atau penjual hosting mengatakan bahwa hosting ini unlimited dll itu hanya promosi atau dikarenakan resource yang ada pada paket yang dibelinya belum mencapai limit saja, sehingga penyewa tidak tau jika semua hosting itu limited (bukan unlimited). Resource bisa habis antara lain karena jumlah trafik yang melebihi batas yang ditentukan. Entah Anda diberi tau atau tidak tentang batas-batas ini (tergantung dari kejujuran pemilik hosting yang Anda pilih). Dan biasanya para jarang yang mau jujur 😉

Dan jujur, saya lebih memilih jasa hosting yang jujur meskipun harga sedikit lebih mahal sedikit dari pada jasa hosting yang tida jujur; mengtakan unlimited pada halaman penawaran dan penjualannya tapi nyatanya ada limitnya.

Pengalaman dengan hosting Indonesia terbaik

Pengalaman. Saya pernah menyewa hosting yang memiliki fitur UNLIMITED space dan bandwidth dengan harga Rp. 300.000,- pertahun yang mengaku web hosting Indonesia terbaik. Ceritanya begini. Sebelumnya, saya menyewa hosting dengan harga Rp. 200.000 pertahun dengan bandwidth yang disediakan 50GB per bulan karena tidak memiliki fitur UNLIMITED. Pada waktu itu, trafik blog saya melebihi 50GB sebulan. Otomatis blog saya tidak bisa diakses. Akhirnya saya mencoba mencoba membeli hosting dengan fitur unlimited seharga Rp.250.000,- setahun. Tapi apa yang terjadi, saat saya transfer file-file dari hosting lama ke hosting baru dan melakukan sedikit setting cPanel, pada hari itu juga blog saya tidak bisa diakses.

Setelah saya lihat di cPanel ternyata Memory Usage telah mencapai limit. Padahal hanya dipakai upload file saja. Saya langsung komplain dan menanyakan kenapa blog saya tidak bisa diakses padahal unlimited bandwidth? Jawaban mereka hanya: “Silahkan upgrade paket hosting Anda!”. Langsung hari itu juga saya minta uang saya dikembalikan meskipun dijawab setelah beberapa hari permintaan saya tersebut.  Pertama.

Kedua, setelah itu saya coba cari lagi web hosting Indonesia terbaik yang lebih bagus dari sebelumnya di google. Akhirnya saya tertarik dengan Cloud Hosting. Dengan biaya Rp. 300.000,- saya menyawa hosting cloud UNLIMITED bandwidth yang mengkalim cloud hosting pertama di Indonesia tersebut. Hasilnya? Hasilnya tak berbeda dengan hosting yang saya sewa sebelumnya bahkan lebih parah. Uang sewa saya tidak dikembalikan dan lebih parahnya akun saya di hosting tersbut di hapus secara sepihak. Kompalin saya pun di balas sangat lama.

Lengkap sudah. Dalam satu minggu, dua kali berganti hosting dua kali pula saya kecewa dan sangat kecewa. Berharap mendapatkan unlimited banwidth malah sebaliknya. Masih dalam keadaan kecewa, saya mencoba mencari refenensi tentang hosting yang benar-benar web hosting Indonesia terbaik unlimited yang saya inginkan. Saya menemukan sebuah artikel yang di tulis oleh pemilik jasa penyewaan hosting. Inti tulisanya dikatakan  bahwa HOSTING UNLIMITED atau UNMETERED itu TIDAK ADA! Semuanya dibatasi (ada batasnya). Jika tidak dibatasi oleh paket harga bandwidth pergiga, maka akan dibatasi dengan jumlah pemakaian memori (Memory usage) atau CPU Usage.

Akhirnya, saya baru menyadari bahwa hosting yang selama ini saya pakailah web hosting Indonesia terbaik. Belum pernah saya menemukan jasa webhosting dengan pelayan sebaik ini. Pelayanan yang baik dan super cepat. Meskipun harga mungkin sedikit lebih mahal, tapi sebanding dengan pelayanan, paket dan kejujurannya. Saya hanya perlu upgrade saja di hosting lama saya ini. Kalo boleh saya memberi nilai: AMAZING pada jasa web hosting satu ini!!

Dengan kejadian ini, saya merekomendasikan Anda yang ingin menyewa hosting pilihlah hosting yang jujur yang tidak mencantumkan label unlimited (unmetered). Sebaiknya Anda memilih paket hosting yang mencantumkan nilai space dan bandwidth yang akan Anda terima pada paket-paketnya karena jasa web hosting seperti ini yang saya maksud jasa web hosting jujur.

Silahkan lihat review saya tentang web hosting AMAZING (web hosting Indonesia terbaik) yang saya maksud diatas. Silahkan berikan penilaian (rating) Anda jika Anda merasa web hosting Indonesia terbaik yang saya maksud tidak sesuai dengan hasil review Anda.

×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023