Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Cara mengetahui plugin yang memperlambat loading blog

08 June 2015 | 21:19 WIB Last Updated 2023-02-21T05:24:43Z

[dropcap]M[/dropcap]emiliki blog atau website dengan tampilan yang bagus, loading yang cepat dan banyak pengunjung tentu semua menginginkan itu. Namun sayang sekali, biasanya jika tampilan blog OK maka tidak jarang loadingnya lambat. Dan tetntuya calon pengunjung akan merasa kecewa jika website atau blog yang ia buka lambat. Banyak penyebabnya tentunya; dan salah satunya adalah banyaknya plugin yang terinstal. Banyak plugin yang memperlambat loading blog Anda. Anda bisa mengeceknya dengan cara yang akan saya berikan ini. Dibawah ini adalah screenshot performa blog CahBorneo.Com yang saya cek di gtmetrix.com

plugin yang memperlambat loading blogPlugin yang memperlambat loading blog

Memang, dengan mengintal plugin-plugin tertentu tampilan blog kita akan menjadi “lebih hidup” dan tidak membosankan. Tapi jika ditinjau dari segi performa, semakin banyak plugin akan semakin memperlambat proses loading blog kita. Oleh karena itu ada baiknya Anda menganalisa plugin-plugin mana saja yang “berpotensi” memperlambat loading.

Untuk mengetahui plugin-plugin mana saja yang memperlambat loading blog Anda, Anda bisa melihat performa plugin-plugin yang telah terinstal di wordpress Anda mengunakan plugin P3 (Plugin Performance Profiler). Plugin ini menciptakan profil kinerja plugin pada blog WordPress Anda dengan mengukur dampaknya terhadap waktu buka (loading) situs Anda. Plugin ini menggunakan canvas element for drawing charts yang kompatible dengan Firefox, Chrome, Opera, Safari, atau IE9. Plugin ini tidak akan bekerja di IE8 atau yang lebih rendah.

Mengetahui plugin yang memperlambat loading blog

Setelah Anda mengintal dan mengaktifkan plugin P3 ini selanjutnya silahkan klik Scan Now. Berikut penampakan website yang telah di scan menggunakan plugin performance profiler.
scan plugin yang memperlambat loading blog

Dari gambar diatas bisa diketahui bahwa plugin Jetpack by WordPress.com yang digambarkan dengan warna hijau dan plugin SEO Ultimate yang digambarkan dengan warna kuning mendominasi performa loading blog, sedangkan yang lainnya masih dalam kategori normal. Jadi jika diantara Anda ada yang menggunakan kedua plugin ini, mulai berfikir-fikirlah untuk terus menggunakannya atau berhenti dan menghapus kedua plugin ini. Saya tidak mengharuskan Anda untuk menghapus (uninstall) kedua plugin ini karena jika memang plugin itu sangat penting bagi Anda ya apa boleh buat ๐Ÿ™‚ Semuanya terserah pada Anda.

Anda dapat mengetahui total performa loading dan apa-apa saja yang menyebabkan loading blog Anda lambat dengan menggunakan tool online GTMetrix ini. Coba Anda bandingkan hasil test performa sebelum dan sesudah meng-uninstall plugin yang dianggap berat.

Cara menggunakan plugin performance profiler

Berikut video yang bisa Anda tonton untuk di coba!

×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023