Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Traffic Multi Level for Wordpress

08 November 2014 | 00:22 WIB Last Updated 2023-02-21T05:24:42Z

Traffic Multi Level (TML) for wordpress merupakan sebuah metode untuk meningkatkan jumlah visitor kedalam blog Anda secara otomatis. Dengan metode TML, pengunjung (visitor) tidak hanya ditingkatkan namun juga mampu mempertahankan jumlah pengunjung yang telah ada. Silahkan  lihat hasilnya setelah saya menggunakan metode ini.

traffic multi level for wordpress

Konsep Traffic Multi Level

Traffic multi level ini merujuk pada konsep multi level marketing (MLM) yaitu satu orang memberitahukan kepada yang lainnya dan yang lainnya akan memberitahukan yang lainnya lagi hingga seterusnya. Target dari metode multi level ini adalah pengunjung (traffic) untuk website atau blog.

Faktor Pendukung Traffic Multi Level

#1 – SEO On-Page

Seo terbagi menjadi dua kategori SEO Onpage dan SEO Offpage. Dan kali ini yang akan kita bahas adalah SEO Onpage dan bagaimana cara mengoptimalkan blog Anda dengan seo onpage ini.

#1.1 Struktur permalink

Secara default permalink yang diberikan oleh wordpress saat pertama kali Anda menggunakan CMS wordpress ini adalah ?p=<postid> . Struktur permalink seperti ini kurang seofiendly di mata search engine sehingga akan cukup susah untuk bisa muncul di halaman pertama. Struktur permalink yang terbaik menurut banyak pakar seo yaitu dengan struktur seperti ini : nama blog lalu diikuti nama post-ID seperti yang saya gunakan saat ini.

Untuk merubah struktur permalink seperti itu, silahkan buka menu Settings > Permalinks. lalu pilih Post Name > Save. Tapi perlu diingat, jika jumlah postingan Anda sudah terbilang banyak dan telah terindeks search engine, Anda harus berhati-hati jika ingin merubah struktur permalink blog Anda. Berubah satu huruf saja dari struktur permalink, akan membuat postingan blog Anda tidak ditemukan oleh search engine, kecuali Anda menggunakan redirect links.

#1.2 Mengoptimalkan Title

Title (judul) merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk peringkat dalam hasil pencarian. Tidak hanya itu, dalam browser judul merupakan baris pertama yang dilihat seseorang ketika melakukan pencarian. Judul artikel blog seharusnya mewakili isi artikel yang ditulis.

Jika Anda mau melihat-lihat, banyak blog yang memiliki “struktur” judul artikel seperti ini : “Nama blog » Blog Archive » judul artikel” atau “Nama blog Blog » judul artikel”. Untuk mendapatkan trafik yang layak, seharusnya Anda merubah struktur judul artikel tersebut menjadi kebalikannya, yaitu: “Judul artikel » Blog Archive » Nama Blog  atau “Judul artikel » Nama blog”. Alasannya yaitu:

  1. Search engine menitikberatkan pada kata-kata awal, jadi jika kata kunci (keyword) Anda dekat dengan judul halaman akan lebih mungkin untuk mendapatkan peringkat yang baik.
  2. Saat melakukan pencarian, orang kebanyakan lebih melihat dan meilih kata-kata awal. Jika kata kunci Anda di awal listing halaman Anda lebih mungkin untuk diklik.

#1.3 Mengoptimalkan Deskripsi

Setelah judul dioptimasi, langkah selanjutnya yaitu mengoptimasi deskripsi (meta descriptions). Meta description digunakan oleh mesin pencari untuk menunjukkan isi artikel dalam bentuk snippet (potongan). deskripsi ini terlihat dibawah URL pada hasil pencarian. Meta description biasanya muncul ketika mengandung kata kunci saat seseorang sedang searching.

Beberapa plugin biasanya akan membuat deskripsi artikel secara otomatis dengan mengambil dari paragraf pertama. Itu kurang baik karena biasanya pada paragraf pertama dalam artikel hanya sebuah pengantar. Jadi cara yang paling baik adalah dengan menulis meta deskripsi itu sendiri dengan menyertakan kata kunci (keyword). Dengan mengoptimalkan title dan deskripsi akan semakin mempengaruhi metode Traffic multi level ini.

#1.4 Mengoptimalkan Gambar (Images)

Bagian yang sering diabaikan saat menulis artikel adalah gambar. Gambar selain dapat menjelaskan isi artikel juga dapat menaikkan jumlah pengunjung. Bagaimana mengoptimalkan gambar pada artikel lebih-lebih untuk Traffic multi level? Dengan melakukan hal-hal seperti menulis tag alt yang baik untuk gambar dan memberi nama file gambar yang sesuai dengan judul artikel, Anda bisa mendapatkan tambahan lalu lintas tambahan dari mesin pencari gambar yang berbeda.

Cara menambahan alt tag pada gambar sangat mudah. Ikuti cara  ini :

  1. Klik tombol Add Media > upload atau pilih gambar yang sesuai (pastikan nama gambar telah disesuaikan juga) >
  2. Pada kolom alt tag tuliskan kata kunci yang sama dengan kata kunci pada artikel > klik insert into post.

#1.5 Buat sitemap XML

Sitemap (peta situs) adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah.

Dari bahasan 1 – 5 diatas, untuk mempermudah pekerjaan Anda dalam optimasi SEO Onpage, Anda bisa menggunakan plugin Wodpres SEO by Yoast. Plugin ini sangat bagus untuk mengoptimalkan seo onpage blog Anda. Dan dengan mengoptimalkan seo onpage pada setiap artikel Anda, metode Traffic multi level akan semakin terlihat kinerjanya.

#2 – Bersambung…..

×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023