Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Membuat Animasi Rotare

26 May 2010 | 18:43 WIB Last Updated 2023-02-21T05:25:11Z

Ini adalah tulisan pertama saya tentang animasi Flash. Sedikit curhat…,  saya sangat menyukai flash dan pembuatan blog-blog saya baik di bloger.com atapun yang di wordpress.com terinspirasi flash ini. Namun baru kai ini saya ingin men-share-nya kepada anda.

Karena saya termasuk baru mengenal flash ini, oleh sebab itu saran-saran dari anda semua sangat saya harapkan.

Baiklah, dibawah ini merupakan  sebuah animasi berbentuk kapak yang berputar-putar.

[swfobj src=”http://up2share.com/file/wdu3kv291_kapak%20maut.swf”]
Untuk membuat animasi diatas cukup mudah (apalagi jika anda telah mengela menu-menu dan symbol-symbol pada flash).
Sebelum ke cara pembuatannya ingin saya katakan bahwa animasi ini saya buat menggunakan Adobe Flash CS 3 namun anda masih bisa membuatnya dengan program flash lain selain flash CS 3 misalnya Macromedia Flash MX atau Flash Pro 8. Dan berikut cara-caranya.

  • Buka program flash anda
  • Pada halaman awal, klik Insert > New Symbol
  • Pada name beri nama “kapak” atau terserah anda dan pada Type pilih Movie Clip lalu OK
  • Gambarlah sebuah kapak. Tidak sama dengan gambar yang ada juga tidak masalah.
  • JIka sudah selesai, Klik Scene 1  dan anda akan berjumpa dengan halaman kosong.
  • Disebelah kanan anda akan terlihat Symbol dengan nama “kapak”. Klik dan tarik symbol tersebut kedalam halaman (stage).
  • Perhatikan pada frame 1 akan terisi objek yang ditandai dengan warna hitam.
  • Pada “Layer 1”  klik frame 25 kemudian arahkan mouse   antara frame 1 dan 25 lalu klik kanan dan pilih Create Motion Tween
  • Pilih tombol  Properties, pada Rotare pilih “CW”
  • Tes animasi dengan menekan Ctrl+Enter secara bersamaan

Jika animasi yang nada buat tidak berjalan dengan baik kemungkinan ada langkah-langkah yang tertinggal, oleh sebab itu cek  kembali langkah-langkah yang telah anda lakukan.
 

×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023