Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Cara membuat blog gratis

13 May 2013 | 20:38 WIB Last Updated 2023-02-21T05:25:10Z

Cara membuat blog gratis – Dari pada blog tidak pernah diupdate ๐Ÿ˜€ kali ini saya ingin menuliskan artiekl tentang bagaimana cara membuat blog gratis di blogger, wordpress dan WapBlog yang biasa di kendalikan dari HP (handphone). Artikel ini mungkin bisa dikatakan telat jika di tulis sekarang, soalnya saya lihat banyak sudah yang menuliskan cara membuat blog ini. Yeah.. dari pada tidak update sama sekali ๐Ÿ˜€ lagi pula saya lihat banyak sekali yang mencari artikel tentang membuat blog ini di google. emoga banyak yang nyasar kesini hehehe.. ๐Ÿ˜‰

cara membuat blog gratis

Ok.. agar pembahasan lebih teratur, akan saya bagi kedalam tiga ulasan: pertama, cara membuat blog di blogger,  kedua, membuat blog di wordpress dan ketiga, cara membuat blog di MyWapBlog.

Cara membuat blog gratis di Blogger

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Seseorang yang menjadi penulis atau pengisi disebut seorang blogger. Blogger.com suatu layanan pembuatan dan penyimpanan blog yang dimiliki Google. Anda tidak di kenakan biaya apapaun alias gratis untuk membuat blog di blogger.com

Syarat yang harus Anda miliki sebelum Anda membuat blog di Blogger.com, yaitu Anda harus memiliki email akun google (misal: NamaAnda@gmail.com). Jika Anda belum meiliki email google, silahkan buat terlebih dahulu. layanan email dari Google inipun gratis.

Cara membuat blog gratis di blogger.com

  1. Buka  Blogger.com
  2. Silahkan login dengan akun google (@gmail.com) milik Anda
  3. Agar anda lebih mudah, silahkan Anda rubah bahasa yang ada ke bahasa Indonesia. Caranya silahkan klik icon segitiga yang berada di sebelah icon gear.
  4. Contoh kita akan membuat blog dengan judul Blog Pertama Ku dengan alamat URL blogpertamabroo.blogspot.com. Maka Klik tombol Blog Baru. Pada Judul silahkan isi Blog Pertama Ku. Kolom Alamat silahkan isi dengan blogpertamabroo (tanpa blogspot.com). Pada kolom template silahkan Anda pilih sesuai dengan keinginan kemudian klik tombol Buat Blog.
  5. Tunggu beberapa saat dan blog Anda sudah jadi.
  6. Sekarang Anda sudah bisa memulai menulis artikel. Caranya dengan mengklik gambar pensil. Pada kolom entry silahkan tuliskan judul artikel. Untuk ulasan artikel silahkan tuliskan pada kotak yang disediakan lalu Klik tombol Publikasikan agar artikel Anda bisa dibaca oleh semua orang.

Jika Anda ingin menghapus blog Anda, silahkan pergi ke Dashboard > setelan > Lainnya lalu klik Hapus Blog. Conttoh blog yang di buat di blogger.com seperti ini http://oret-oretanku.blogspot.com

Cara membuat blog gratis di WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Dan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat blog gratis di wordpress.com

  1. Pastikan Anda memiliki alamat Email, bisa @gmail.com atau @yahoo.com
  2. Buka wordpress.com lalu klikGet Started
  3. Kemudian isikan alamat email Anda, Username, password dan Blog Address (alamat Blog) Anda lalu klik Create Blog
  4. Selanjutnya Anda diminta untuk aktivasi blog, silahkan buka email Anda. Silahkan klik link yang dikirimkan ke email Anda tersebut.
  5. Klik Next Step hingga muncul tombol Finish
  6. Untuk meulai menulis artikel, silahkan klik tombol Text
  7. Tulis judul artikel dan ulasannya kemudian klik tombol Publish Post

Selamat Anda telah memiliki blog di wordpress.com

Cara membuat blog gratis di MyWapBlog

Selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat blog gratis di MyWapBlog. Membuat Blog di MyWapBlog ini bisa Anda lakukan menggunakan HP (handphone) yang telah terinstal aplikasi Opera Mini. Jadi Anda tidak perlu berada di depan komputer untuk membuat blog di MyWapBlog ini. Fitur yang disediakan cukup banyak salahsatunya ialah cukup seofriendly dan alamat blog tersedia dalam 5 subdomain yaitu Mwb.Im, Faa.Im, Yu.Tl, Heck.In, Pun.Bz atau subdomain MyWapBlog.Com.

Ok silahkan ikuti cara-cara dibawah ini untuk membuat blog gratis di MyWapBlog.

  1. Buka MyWapBlog.com
  2. Klik tombol Daftar lalu isikan nama atau kata  pada kolom pengguna. Nama ini nantinya akan mebjadi subdomain blog Anda di MyWapBlog.  Misalnya Anda memasukkan nama atau kata BlogBaruku maka akan otomatis menjadi alamat blogbaruku.mywapblog.com.
  3. Jika Anda tidak suka dengan domain mywapblog.com, Anda bisa merubahnya dengan memilih domain pada daftar pilihan yang ada dibawah kolom Ubah Domain.
  4. Masukkan Sandi (password), nama email serta kode yang diminta kemudian klik Daftar.
  5. Buka email Anda lalu klik link yang diberikan untuk verifikasi blog yang baru Anda buat.
  6. Selamat Anda telah mempunyai blog yang dapat Anda kendalikan dari handphone (HP).
  7. Untuk memulai posting, silahkan klik menu Posting kemudian isi judul dan ulasan lalu klikTerbitkan.
  8. Jika Anda ingin merubah atau mengedit blog Anda, silahkan klik Pengaturan.

Langkah selanjutnya yaitu optimalisasi konten blog anda. Salah satunya dengan seo dan backlink. Silahkan anda cari-cari d blog ini tentang optimasi seo dan backlink ini.

Demikianlah cara membuat blog gratis di blogger, worepress dan mywapblog. Semoga membantu Anda yang sedang mencari artikel bagaimana cara membuat blog gratis.

×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023