Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Cara disable User Account Control

27 August 2013 | 10:08 WIB Last Updated 2023-02-21T05:25:11Z

Disable User Account Control (UAC) perlu  saya lakukan ketika pertama kali saya mencoba menginstall program Xampp di komputer windows 7. Sebenarnya ada cara lain agar Xampp bisa berjalan normal tanpa mendisable UAC. Ulasannya akan saya tuliskan dibawah. Sekarang bahas bagaimana cara mendisable user account control di windows.

Disable User Account Control

Apa User Account Control itu? User Account Control (UAC) adalah fitur keamanan diperkenalkan oleh Microsoft pada Windows Vista, Windows 7 dan 8. UAC ini akan mencegah instalasi aplikasi tertentu dan perubahan seluruh sistem pengaturan kecuali diizinkan oleh pengguna dengan hak akses administratif.

Meskipun hampir tidak mengganggu seperti di Vista, UAC masih bisa menjadi gangguan bagi beberapa pengguna yang harus sering menginstal perangkat lunak atau mengubah pengaturan sistem. Jika Anda ingin mendisable User Account Control ini, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:
Note: Menonaktifkan UAC akan menyebabkan sistem yang kurang aman, jadi berhati-hatilah.

Disable User Account Control di Windows Vista

Turn Off UAC Warning – Untuk disable UAC pada sitem operasi windows Vista, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Klik Start lalu pilih Control panel
  • Pada kotak pencarian di control panel, ketikan “UAC” (tanpa tanda petik lalu tekan Enter
  • Klik Turn User account Control (UAC) on or off
  • Hilangkan tanda centang pada “Use User Account Control (UAC) to help protect your computer” lalu klik OK

Disable User Account Control di Windows 7

Banyak cara untuk menonaktifkan atau melakukan disable User Account Control (UAC) pada windows 7, salah satunya (yang paling cepat) ialah:

  • Klik Start lalu pada kotak pencarian ketikkan “UAC” (tanpa tanda petik.
  • Klik “Change User Account Control setting”
  • Turunkan level ke garis yang Anda inginkan lalu klik OK

Disable User Account Control di Windows 8

Configure UAC Windows 2008 – Pertama, buka Control Panel lalu System and Security > Administrative Tools > Local Security Policy. Pada kolom Local Security Policy, temukan “Security Options”.

Kedua, Gulir ke bawah sampai Anda melihat daftar item berlabel “User Account Control.” Di sini, Anda dapat menonaktifkan UAC sepenuhnya dengan mengklik dua kali pada setiap item dan memilih “Disabled” atau Anda dapat menyesuaikan bagaimana beroperasi dengan, misalnya, menonaktifkan UAC untuk instalasi software.

Atau, Anda dapat menonaktifkan pada bagian-bagian tertentu dari UAC diaktifkan. Untuk melakukan hal ini, pergi ke Control Panel> User Account dan Family Safety> User Account. Pilih “Change User Account Control Settings” dan kemudian geser bar di sebelah kiri ke posisi terendah.

Peringatan! karena cara kerja Microsoft  pada aplikasi di Windows 8 terstruktur, menonaktifkan UAC melalui metode pertama akan mencegah aplikasi Metro dari peluncuran (dengan kata lain aplikasi metro tidak akan bisa berjalan). Ini mungkin menjadi masalah besar bagi beberapa pengguna, meskipun ada kemungkinan bahwa setiap pengguna yang berpengalaman bersedia mengambil risiko menonaktifkan UAC tidak akan menjalankan banyak aplikasi Metro.

Demikianlah langkah-langkah bagaimana menonaktifkan atau disable User account control pada windows. Oh iya.. saya tidak bertanggungjawab jika sesuatu terjadi pada komputer Anda setelah mendisable UAC pada komputer /laptop Anda.

×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023