Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Membuat USB Bootable Windows paling mudah

14 May 2014 | 17:50 WIB Last Updated 2023-02-21T05:24:58Z

cara membuat usb bootable windows dan linuxMembuat USB bootable windows telah berulang kali saya lakukan ketika satu flashdisk harus berganti-ganti “isi”nya. Diantara yang pernah saya pakai untuk membuat bootable usb drive yaitu wintoflash, CMD, universal USB Installer, USB Flash Drive Boot dll akan tetapi baru kali ini akan saya share tools tersimple dan termudah untuk membuat bootable pada sebuah usb agar bisa instal windows booting dari flashdisk (Create Boot USB Windows 7). Saya juga menyadari bahwa mungkin Anda akan berkata “Artikel ini sudah basi karena sudah banyak yang menuliskannya”. Itu boleh-boleh saja dan tidak apa-apa, karena artikel yang ada di blog ini saya pribadi menganggap sebagai arsip, siapa tau saya lupa. Syukur-syukur ada yang sedang memerlukan.

Membuat USB Bootable

Menggunakan bootable USB drive pada saat melakukan instalasi operating system (OS) menurut saya lebih menguntungkan dilihat dari segi kecepatan proses instalasi di banding menggunakan kaset CD/DVD. Dengan menggunakan Bootable Usb Drive pada saat menginstal operating system, perbedaan itu saya yakin akan Anda rasakan.

Ok.. tools yang akan saya gunakan (Bootable USB Drive Utility) dalam proses membuat usb bootable windows ini yaitu Rufus. Kelebihan rufus ini antara lain ukuran yang sangat kecil, hanya 591KB serta portable (Anda tidak perlu menginstalnya di komputer Anda). Anda hanya perlu download lalu menggunakannya saja. Dengan ukuran sekecil itu, Anda pun tidak akan memerlukan download manager seperti IDM (Internet Download Manager). selain ukurannya yang sanagt kecil, rufus juga mampu membuat USB Bootable untuk Linux, UEFI, Dos Bootable USB Drive dll (tapi saya belum pernah mencobanya :D)

Cara membuat USB Bootable Windows

Baiklah, silahkan ikuti langkah simple membuat usb bootable windows (Create Bootable USB baik windows xp, 7, atau 8) menggunakan rufus. Oh iya, syarat yang harus Anda miliki yaitu file ISO Windows (.iso). Jika Anda tidak memilikinya silahkan buat file iso windows dulu menggunakan Nero, power ISO atau minta pada teman Anda. 😉

  1. Download Rufus Tool
  2. Colok USB yang akan dijadikan USB Bootable
  3. Jalankan rufus
  4. Pada Device pilih USB yang akan Anda jadikan USB Bootable
  5. Pada File System, silahkan pilih FAT32 (Default) atau NTFS (pilih sesuai keinginan Anda)
  6. Pada New Volume label, silahkan ketikkan nama yang akan dijadikan USB Bootable Anda nanti misalnya Windows 7
  7. Pada Create a bootable disk using pilih ISO Image kemudian klik tombol disebelahnya (gambar CD/DVD) untuk mencari file ISO Windows di komputer Anda.
  8. Klik Start untuk memulai pepmbuatan USB bootable windows pada flashdisk
  9. Tunggu sampai proses selesai. Jika ada pemberitahuan, silahkan di klik OK saja.
  10. Proses selesai ditandai dengan “DONE”. Flashdisk sudah siap untuk digunakan.

Video tutorial membuat USB Bootable

Perlu bantuan video tutorial cara membuat usb bootable ? Silahkan lihat dibawah ini. Untuk emmperjlas resolusi video, silahkan klik icon Gear kemudian pilih resolusi paling tinggi.

Cara membuat USB Bootable windows (Create Bootable USB Windows 8 atau dibawahnya) ini yang ingin saya arsipkan di blog CahBorneo ini. Jika artikel ini membantu Anda, silahkan di share. Bila Anda memiliki pertanyaan dan lain sebagainya, silahkan sampaikan melalui kotak komentar. Selamat mencoba bagi yang ingin mencoba!

×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023