Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Cara Memunculkan form Jetpack Comments

25 June 2014 | 00:55 WIB Last Updated 2023-02-21T05:24:58Z

Memunculkan form jetpack comments ini saya tulis karena setelah menginstall plugin jetpack ini, fitur jetpack comments tidak muncul (tidak terlihat) di bagian komentar sebagaima yang saya inginkan. Blog ini menggunakan plugin jetpack by wordpress  – Jetpack for WordPress yang sangat powerfull dan dilengkapi fitur-fitur  yang “biasanya” dicari oleh pengguna CMS wordpress; kurang lebih ada 30 fitur yang ada dalam  plugin jetpack ini dan salah satunya adalah jetpack comments ini. Namun sayang, plugin jetpack yang gratis ini hanya bisa dipasang (install) pada blog wordpress versi 3.7 keatas. Jadi jika Anda ingin menggunakan plugin jetpack ini, silahkan upgrade core wordpress Anda.cara memunculkan form jetpack comments

Memunculkan form Jetpack Comments

Jetpack Comments Not Working – Pada saat pertama kali kita menginstal dan mengkatifkan fitur jetpack comments ini seharusnya form jetpack comments ini langsung bekerja dengan baik. Akan tetapi jika memang tidak muncul form jetpack comment Anda tidak perlu khawatir, masih ada cara untuk memunculkan form jetpack comments ini. Mungkin Anda juga akan bertanya apa yang menyebabkan form jetpack comments ini tidak muncul di halaman komentar blog Anda. Salah satu penyebabnya yaitu script dalam theme Anda tidak memiliki code . Silahkan di cek ke dalam themes Anda pada file comments.php ๐Ÿ˜€

Ada  Gan.. di theme blog saya ada code , tapi kenapa kok tidak muncul ya?? Itu pasti pertanyaan yang akan Anda ajukan jika ternyata dalam theme blog Anda memiliki code Benar bukan ?? ๐Ÿ˜€ Ok.. bila itu pertanyaan Anda, berarti masalahnya sama dengan saya. Tapi tenang, setelah saya praktekkan cara dibawah ini, form jetpack comments telah muncul di blog ini (silahkan cek ke bagian komentar pada halaman ini kalau tidak percaya ๐Ÿ˜‰ ).

Cara memunculkan form Jetpack Comments

Sebelum Anda melakukan langkah-langkah yang akan saya berikan, pesan saya silahkan di backup terlebih dahulu theme Anda atau backup saja file comments.php agar bila nanti terjadi error Anda hanya perlu restore file tersebut. Berikut cara untuk memunculkan form jetpack comments yang saya lakukan pada theme blo gini.

  1. Buka file manager menggunakan FTP Filezilla atau silahkan menggunakan cPanel blog Anda
  2. Buka root /wp-content/themes/theme-Anda
  3. Cari comments.php dan backup file ini. Anda bisa membackupnya dengan cara klik kanan pada file lalu pilih download untuk menyimpan comments.php ke drive komputer Anda.
  4. Temukan dan lihat baik-baik code <form>. Hapus semua code yang diawali dari <form> sampai </form>. Pada theme blog saya terlihat seperti ini:
    <form action=”<?php echo get_option(‘siteurl’); ?>/wp-comments-post.php” method=”post” id=”commentform”>
……
</form>
  5. Setelah Anda hapus (delete), ganti dengan code ini: <?php comment_form(); ?>
  6. Simpan pekerjaan Anda dan silahkan dilihat hasilnya.

Video tutorial memunculkan form Jetpack Comments

[wpsm_video schema=”yes” title =”Memunculkan Form Komentar Jetpack plugin” description =”Tutorial cara memunculkan kotak komentar pada jtpack plugin”]https://www.youtube.com/watch?v=GnVNBY_xjlE[/wpsm_video]

Bagaimana, mudah bukan? Bila ada pertanyaan tentang cara memunculkan form jetpack comments wordpress ini silahkan disampaikan. Atau bila Anda memiliki tips yang lebih OK tentang form jetpack comment tidak muncul, silahkan di share disini. Silahkan subscribe atau share artikel ini jika Anda menyukainya.

×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023