Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Cara menghapus registry windows

14 January 2015 | 23:46 WIB Last Updated 2023-02-21T05:24:42Z

Tujuan dalam menghapus registry windows adalah untuk mengurangi file-file informasi atau pengaturan-pengaturan perangkat lunak (software) maupun hardware yang tersimpan di sistem komputer agar komputer tersebut menjadi lebih bagus performanya. Bagi sebagian orang, menghapus register windows dengan tujuan untuk “memaksa” sebuah aplikasi agar berfungsi sesuai keinginannya.

Menghapus registry windows

cara menghapus registry windowsRegistry Windows adalah pusat database untuk pengaturan konfigurasi aplikasi dan informasi lainnya yang diperlukan oleh aplikasi. Dan semua pengaturan tersebut diatur dalam bentuk key. Di dalam registry, kita bisa melakukan tiga hal yaitu: membaca, menulis dan menghapus. Berkenaan dengan soal menghapus registry windows, Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu cara manual dan menggunakan bantuan software atau tool cleaner.

Menghapus registry windows cara manual

Menghapus registri windows dengan cara manual ini merupakan cara yang PERTAMA saya pilih sebelum menghapus menggunakan bantual software atau tools. Mengapa? Karena saya lebih yakin bahwa file atau folder yang ingin saya benar-benar terhapus di depan mata saya ๐Ÿ˜€ Kedua, baru saya minta bantuan tools untuk menghapus registry secara otomatis CCleaner yang bisa Anda dapatkan di Google. Berikut langkah-langkah menghapus registry windows secara manual:

  1. Jalankan Windows registry editor. Klik tombol Start>Run atau langsung pencet tombol Windows+R di Keyboard
  2. Ketikkan “regedit” (tanpa tanda petik) pada kotak teks yang muncul lalu Tekan enter
  3. Lakukan backup pada registry yang telah ada sebelum melakukan perubahan. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika Anda melakukan kesalahan dalam menghapus registry windows. Caranya:
    • Pilihlah menu file dan pilih Export
    • Pilih All pada panel Export range
    • Tentukan lokasi backup dan masukkan nama backup registry tersebut kemudian klik Save
  4. Registry editor memiliki dua panel. Panel kiri digunakan untuk menampilkan semua registry tree dan panel kanan digunakan untuk menampilkan nilai individual.
  5. Cari (bisa dengan cara menekan tombol CTRL+ F) dan hapus aplikasi yang ingin Anda hapus. Contoh Anda ingin menghapus registry dari Internet download manage (IDM) untuk digantikan dengan registry ya ng baru, maka silahkan buka HKEY_CURRENT_MACHINE>Software lalu cari folder Internet Download Manager. Klik kanan pada folder tersebut kemudian pilih Delete
  6. Cari kunci yang mengandung nama internet download manager atau developer aplikasi (nama perusahaan pembuat aplikasi) dengan cara klik tombol F3. Jika ditemukan, hapuslah menggunakan tombol Del.

Menghapus registry windows menggunakan CCleaner tools

Setelah beberapa waktu komputer Anda gunakan, Registry Windows menumpuk menjadi informasi konfigurasi dan setting yang outdated, termasuk jejak dari program yang tidak terpakai lagi. Pilihan CCleaner Registry membolehkan Anda mencari dan menghapus informasi, memperbaiki fungsi dan kecepatan dari sistem Anda, dan juga melindungi privasi dan keamanan digital Anda.

Langkah menghapus registry windows dengan CCleaner sebagai berikut:

  1. Instal CCleaner terlebih dulu.
  2. Buka CCleaner lalu klik Registry (lihat gambar dibawah ini).
  3. Pilih semua item yang ada dalam daftar Pembersihan Registry, kemudian klik Pindai Masalah (Scan for Issues) untuk memulai pemindaian masalah-masalah terkait registry yang harus diperbaiki; setelah beberapa saat, hasilnya akan ditampilkan seperti berikut ini:
  4. Sebagai tindakan pencegahan, sebelum Anda menghapus Registry Windows, Anda sangat disarankan untuk menyimpan salinan file (membackup) dari registry Anda. Apabila masalah muncul setelah Registry Windows dibersihkan, Anda dapat mengembalikan kembali Windows Registry ke keadaan aslinya menggunakan file salinan.
  5. Klik Perbaiki masalah terpilih (Fix selected Issues). Saat muncul dialog box seperti dibawah ini, klik Yes.
  6. Klik Yes untuk membuat salinan registry Anda dan menampilkan layar berikut:
  7. Klik Save setelah Anda memilih lokasi/folder untuk salinan file backup registry. Dialog box berikut akan muncul:
  8. Klik Perbaiki Masalah terpilih untuk membetulkan semua masalah yang telah dipilih, lalu klik Tutup untuk menyelesaikan proses pembersihan.

Cara restore file backup Registry

Apabila terjadi Error setelah proses menghapus Registry Windows pada sistem operasi komputer Anda, file backup registry windows yang Anda buat di Langkah 3 sampai 8 diatas dapat digunakan untk menyimpan kembali registry asli Anda dan mengurangi gangguan sistem Anda. Untuk mengembalikan registry asli, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik Start > Run untuk menampilkan dialog box Run, kemudian ketik regedit lalu klik OK (lihat gambar)
  2. Klik OK untuk mengaktifkan layar berikut:
  3. Klik File > Import dari bar menu untuk mengaktifkan layar from the Import Registry File, kemudian pilih .
  4. Klik Open kemudian jika muncul dialog box seperti dibawah ini, klik OK saja.
  5. Klik OK untuk menyelesaikan proses restor windows backup file registry.
×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023