Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Cara verifikasi paypal terbaru dengan Bank Permata

15 September 2016 | 10:37 WIB Last Updated 2023-02-21T05:23:55Z

Verifikasi Paypal saat ini tidak lagi semudah dulu. Dahulu, hanya dengan email atau bank lokal apapun bisa (baca: cara daftar paypal dengan rekening bank. Akan tetapi cara tersebut sudah tidak bisa lagi sejak 2011. Maka banyak bermunculan jasa verifikasi paypal dengan Virtual Credit Card atau yang lebih dikenal dengan VCC. Namun sayang, VCC ini juga sangat rentan dengan pembatasan (limit) dari paypal. Dan bahkan verifikasi menggunakan VCC saat ini di tolak oleh Paypal.

We don’t accept VCC (virtual credit card or bank) for example from Neteller, Payoneer or VCN by BNI.

cara verifikasi paypal terbaru 2016 dengan bank permata gratis

Verifikasi paypal Indonesia

Namun baru-baru ini saya mendengar ada beberapa bank lokal yang bisa lagi dipakai untuk verifikasi paypal indonesia. Setelah saya cek di blog yang menuliskan cara verifikasi paypal dengan bank ini, tanggal postingnya pada Agustus 2016. Yang berarti kemungkinan besar cara yang ada dalam blog tersebut masih bisa jika dipakai untuk saat ini.

Keuntungan dari kartu kredit/debit fisik lokal jika digunakan di PayPal bukan hanya bisa memverifikasi akun PayPal anda, namun berbeda dengan VCC/VCN kartu ini dapat ditambahkan permanen dan menjadi sumber dana (funding source) anda saat berbelanja dengan PayPal, tidak seperti VCC/VCN yang umurnya pendek atau dananya terbatas. Dana pembelian akan didebit dari rekening tabungan anda yang terhubung dengan kartu debit tersebut, jadi anda tidak lagi perlu repot2 membeli saldo PayPal dari orang lain (yang belum tentu legal dan beresiko).

Sama dengan kartu kredit penggunaan kartu debit lokal fisik ini juga didukung oleh kebijakan PayPal yang sejak lama sebenarnya sudah melarang penggunaan VCC paypal /VCN untuk keperluan verifikasi PayPal. Akun anda juga akan lebih aman dari resiko kena limit dsb.

Jika anda sudah mempunyai kartu debit lokal yang didukung untuk PayPal seperti debit Permata maka anda dapat langsung menggunakannya untuk memverifikasi akun PayPal anda. OK, berikut ini adalah langkah2nya dibawah:

Cara verifikasi paypal

Tak perlu panjang lebar, berikut cara verifikasi paypal dengan kartu debit Permata Bank. Silahkan dibaca dengan seksama. Jangan terburu-buru. Santai saja. Jika belum paham, silahkan baca ulang. Cara ini saya ambil dari blog sebelah. Disini saya hanya sharing saja. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan fitur transaksi online/e-commerce dan juga internet dan mobile banking telah anda aktifkan (bila belum diaktifkan silahkan hubungi cs permata bank untuk mengaktifkannya).
  2. Pastikan saldo anda cukup (minimal $3 USD atau sekitar Rp 42.000,00 diluar saldo minimal Rp 100.000,00 (kurs Rp.12.000/usd)
  3. Login ke PayPal anda atau daftar paypal indonesia bila belum memiliki akun
  4. Klik menu Wallet, seperti gambar dibawah ini
  5. Pada bagian kartu kredit, klik Hubungkan kartu
  6. Pilih jenis kartu (Visa untuk kartu debit Permata), serta 16 digit nomor kartu, tanggal kadaluwarsa (format: 2 digit Bulan garis miring 2 digit terakhir Tahun contoh: 04/17), serta kode CVV (Card Verification Code) 3 digit dibelakang kartu anda, juga pilih alamat penagihan anda sama dengan alamat tercetak yang ada dibuku tabungan (billing address), jika belum ada/tidak sama anda dapat menambahkan/mengedit alamatnya. Alamat penagihan ini boleh berbeda dengan alamat pengiriman nantinya (shipping address)
  7. Setelah selesai klik “Simpan” maka anda akan melihat kartu debit Permata anda telah ditambahkan ke akun PayPal anda dengan kode xxxx-4 digit terakhir dengan tulisan “Baru”.
  8. Setelah itu klik lagi kartu anda dan kemudian klik “Konfirmasikan kartu kredit” dan klik “OK”. 
  9. Setelah itu anda akan melihat kartu anda dengan tulisan “Siap dikonfirmasi”.
  10. Sekali lagi, klik tombol Konfirmasikan. nanti akan ada kotak dialog dimana anda akan diminta untuk memasukkan 4 digit kode expuse PayPal (untuk kartu Visa formatnya seperti PP*1234 di statement anda sebesar $1.95).
  11. Cek Email anda. Pastikan anda mendapatkan 2 email pemberitahuan dari PayPal tentang penambahan kartu di akun PayPal anda dan juga “ucapan terimakasih” untuk usaha menkonfirmasikan kartu anda (jika belum maka alamat email anda mungkin belum dikonfirmasi di akun PayPal anda)
Email ke-1
Email ke-2

Tunggu sekitar 1 hari dan masuk ke login internet banking anda. Pilih “Mutasi Rekening” (online statement) lalu “Periode Transaksi” sesuai hari kartu tersebut ditambahkan ke PayPal (jangan pilih “8 Transaksi terakhir” karena kode expuse tidak akan terlihat). Selanjutnya cari transaksi tersebut. Kode expuse PayPal akan ada di deskripsi transaksi terkait.

Contoh kode expuse dari bank permata

Sebagai contoh diatas deskripsi transaksi : Purchase Visa+ 01:18:27 PP*3174CODE4029357733 SG maka kode expusenya adalah 4 digit “3174” dibelakang huruf PP*. Sedangkan angka 4029357733 SG adalah antara kode merchant atau no telepon pemrosesan PayPal di Singapura (untuk keperluan identifikasi dan otorisasi pembayaran merchant. Besar charge untuk kode expuse PayPal ini adalah $1.95 USD diatas atau sekitar Rp 26 ribuan atau lebih sedikit (tergantung kurs kartu Visa atau Bank yang berlaku pada waktu itu).Catatan:Selain di internet banking, anda dapat juga menghubungi nomor Call Center Bank Permata 1500111 sekitar 1 hari kemudian untuk menanyakan deskripsi transaksi atau kode expuse PayPal tsb.

Jika kode expuse diatas belum terlihat dan deskripsi transaksi hanya ada “Purchase Visa+ 4029357733 SG” maka transaksi tersebut masih pending (karena ini adalah kartu debit bukan kredit maka biarpun dana langsung didebit pihak Bank tetapi transaksi tersebut sebenarnya masih belum selesai/pending/diproses dijaringan pemrosesan kartu kredit dan bank juga belum selesai menerima/menampilkan kode expuse tersebut, jadi dianjurkan agar menunggu sekitar 24 jam.

Juga mungkin akan nampak transaksi “card authorization hold” dengan deskripsi sama “Purchase Visa+ 4029357733 SG”  untuk mengecek nomor kartu anda valid sebanyak 1 kali sebesar $1 USD (sekitar Rp 14.000,00) namun kemudian langsung dibatalkan/dikembalikan lagi secara otomatis (koreksi/void) sekitar beberapa detik/menit kemudian pada saat itu juga. Karena hal itulah anda memerlukan saldo minimal $3 USD atau sekitar Rp 42.000,00 (ini diluar “saldo kunci” tabungan Permata Rp 100.000,00) untuk biaya verifikasi yaitu $1.95 USD expuse code + $1 USD authorization hold= $2.95 USD atau sekitar Rp 41-42 ribuan.

Tagihan verifikasi expuse code $ 1.95 USD ini akan dikembalikan PayPal ke kartu debit atau saldo tabungan anda (ingat: bukan ke saldo/balance PayPal anda ya) antara 24 jam-21 hari (tergantung kecepatan pemrosesan oleh pihak Bank dan network yang ada).

Copy atau catat/hapalkan kode expuse tersebut. Masuk kembali ke akun PayPal anda, klik di wallet kartu anda yang belum dikonfirmasi diatas dan masukkan 4 digit nomor tersebut ke kotak dialog yang tersedia. Pastikan anda mendapatkan “ucapan terima kasih” dan pernyataan dari PayPal bahwa status akun anda sudah DIVERIFIKASI dan dana $1.95 USD tersebut akan direfund ke kartu (tabungan) anda, dan juga pastikan sudah tidak ada lagi pesan “Konfirmasikan kartu anda”.

Masukkan 4 digit kode expuse pada kolom yang disediakan

Pastikan anda mendapatkan “ucapan terima kasih” dari PayPal karena telah menkonfirmasi kartu anda dst serta status akun anda sudah terverifikasi. Dana $1.95 USD tersebut akan direfund ke limit kartu kredit (atau saldo tabungan kartu debit) anda.

Selamat! Kartu debit Permata anda sudah terkonfirmasi dan otomatis akun PayPal anda juga sudah terverifikasi. Anda juga siap berbelanja dengan PayPal dengan menggunakan kartu debit anda! (Tapi jangan lupa memastikan saldo tabungan anda masih cukup hehe…). Untuk lebih memastikan akun anda sudah komplit terverifikasi, anda dapat menggunakan link ini:

Verifikasi paypal untuk bisnis online

Baca juga: Cara verifikasi Payza gratis

Jika anda pebisnis online yang menggunakan PayPal, maka sebagai info tambahan sama seperti nomor rekening tabungan lokal biasa maka semua kartu Visa baik kredit maupun debit yang sudah dikonfirmasi termasuk kartu debit Permata ini dapat juga digunakan untuk withdrawal/menarik dana di akun PayPal anda baik ke saldo tabungan (kartu debit) ataupun ke limit kartu kredit (dana di limit/kelebihan balance.

Kemudian bisa ditarik di ATM berlogo Visa dengan fee Rp 50.000,00), withdrawal PayPal ke kartu kredit/debit minimal $10 USD, hal ini tidak bisa dilakukan dengan jenis kartu lainnya seperti Mastercard. Namun saya sendiri tidak menganjurkannya karena fee dan konversinya ke Rupiah yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan withdrawal langsung ke bank lokal biasa (kalau tidak salah $5 USD plus higher conversion rates).

Sumber: www.amirz123.blogspot.co.id. Semoga artikel cara verifikasi paypal terbaru via permata bank ini bermanfaat buat anda. Selamat mencoba!

×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023