Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Cara mudah pecah file pdf

04 March 2020 | 16:25 WIB Last Updated 2023-02-21T05:23:57Z

Cara pecah file pdf – Portable Document Format atau PDF merupakan format file dokumen yang banyak digunakan pada saat ini. Dibandingkan dengan format file yang lain, PDF tentu lebih aman dibanding file doc karena sulit dimodifikasi kecuali dengan PDF editor.

Mengenai edit file PDF, terkadang ada beberapa halaman yang ingin dihilangkan. Misalanya dengan alasan agar lebih mudah dibaca atau anda hanya menginginkan salah satu halaman saja. Itu tidak jadi masalah. Ada solusinya kok.

Kali ini saya uraikan bagaimana cara memisahkan halaman pecah file PDF menjadi beberapa file. Sebenarnya ada banyak cara, namun kali ini fokus menggunakan chrome.

Cara pecah file pdf

  • Pertama, buka file PDF Anda menggunakan google chrome dengan cara klik kanan pada file, kemudian pilih Open with, lalu pilih Google Chrome.
  • Setelah file terbuka di google chrome, tekal tombol CTRL + P pada keyboard Anda maka akan tampil halaman Print
  • Kemudian pada bagian Pages pilih Custom dan isi kolom dari halaman berapa sampai halaman berapa yang ingin Anda pisahkan. Pada gambar di bawah ini, saya beri contoh dengan menulis halaman 1 sampai 7 yang akan saya pisahkan. cara mudah pecah file pdf dengan google chrome
  • Langkah terakhir, klik Save untuk menyimpan file PDF yang sudah dipisah. Hasilnya akan bisa anda lihat pada file pdf yang baru anda save.

Cara pecah file pdf yang lain

Untuk memecah file pdf ini memang ada bebrapa cara, yaitu diantaranya menggunakan adobe acrobat reader. Anda juga bisa menggunakan layanan merger via online atau cara yang lainnya. Namun karena yang sudah saya praktekkan dengan google chrome, maka saya hanya share cara pecah file pdf menggunakan google chrome ini saja.

Untuk cara yang lainnya lain kali saya share. Silahkan tinggalkan komentar da shre halaan ini jika dirasa berguna. Silahkan mencoba. Semoga bermanfaat.

×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023