Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Membuat halaman HTML Sitemap tanpa plugin

24 March 2020 | 11:17 WIB Last Updated 2023-02-21T05:23:57Z

Cara membuat halaman HTML Sitemap sudah banyak yang posting tentunya. Namun kali ini saya coba yang sedikit unik yaitu membuat sitemap html tanpa plugin. Tentunya tulisan ini ditujukan bagi pengguna wordpress. Untuk selain pengguna wordpress, dipersilahkan melewatkan tulisan ini hehe

cara membuat halaman html sitemap tanpa plugin wordpress

Apa sih gunanya sitemap? Sitemap merupakan salah satu faktor seo yang cukup penting untuk sebuah blog atau website (bahkan sangat penting bagi saya). Dengan sitemap, mesin crawler akan dengan mudah menemukan blog anda (postingan artikel anda tentunya).

Jika anda pengguna wordpress, untuk menambahkan sitemap (peta situs) blog anda, caranya angat mudah dan banyak sekali tutorialnya. Cara paling simple yaitu dengan memasang plugin sitemap. Salah satunya yaitu Simple Sitemap

HTML Sitemap tanpa plugin

Namun bagi anda yang merasa khawatir dengan kecepatan loading blog, tentu anda akan berfikir 2 kali untuk menginstal banyak plugin. Perlu anda tau bahwa semakin anyak plugin yang terinstal, kemungkinan besar blog semakin lambat.

Untuk itu.. untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan tersebut, disini, kali ini akan saya share cara membuat halaman HTML sitemap wordpress tanpa plugin.

Membuat HTML Sitemap tanpa plugin

Langkah 1: Login ke dashboard wordpress anda

Login ke wordpressa anda seperti biasa

Langkah 2: Buka menu Pages > Add New

Menu pages berada di sebelah kiri diantara menu Media dan menu Comments

Langkah 3: Pilih mode Text

Jika anda menggunakan wordpress versi terbaru (gutenberg), tambah block > formatting > Codetet editor block formatting

Langkah 4: Copy kode HTML sitemap (lihat dibawah)

Buka kode yang saya bagikan kemudian copy semua kode yang ada

Langkah 5: Paste kode HTML sitemap

Pastikan anda melakukan paste pada halaman dengan mode Text atau dalam format Code

Save

Simpan pekerjaan anda dan lihat hasilnya. Jika hasilnya tidak muncul daftar isi (sitemap) pada halaman tersebut, silahkan cek langkah nomor 3.

Mohon maaf, saya tidak dapat menampilkan kode sitemap htmlnya sebab untuk menghindari copas langsung dari blog ini. Pengunjung blog ini dilarang untuk melakukan copy paste. Jadi silahkan klik tombol diatas dan copy paste kodenya.

×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023