Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks

Cara disable update Windows 10 Home

22 July 2020 | 14:39 WIB Last Updated 2023-02-21T05:23:56Z

Untuk melakukan Disable update windows 10 anda perlu mengakses gpedit.msc. Pada windows 10 home, anda tidak akan bisa mengakses fitur group policy editor untuk menon-aktifkan fitur update windows anda. Mengapa? karena pihak windows “menidadakan” fitur ini di windows 10 home.

cara disable update windows 10 home

gpedit.msc merupakan singkatan dari Group Policy Editor. The Group Policy Editor is a Windows administration tool that allows users to configure many important settings on their computers or networks. Artinya adalah alat administrasi Windows yang memungkinkan pengguna untuk mengonfigurasi banyak pengaturan penting di komputer atau jaringan.

Kami kurang tau mengapa pihak windows “meniadakan” fitur group policy editor pada windows 10 home ini. Namun yang jelas, hal ini membuat sedikit “ribet” para pengguna windows 10 home.

Disable update windows 10 home

Lalu bagaimana cara menonaktifkan update windows 10 Home ini?

Cara yang paling mudah yaitu dengan mengetahui penyebab sebuah permasalahan. Dengan demikian anda akan lebih mudah menemukan solusinya.

Opsi Pertama: Upgrade versi windows 10 ke Pro

Gpedit.msc dapat diakses pada windows 10 pro namun tidak pada windows 10 home. Jadi salah satu cara untuk dapat mengakses dan mendisable update windows 10, silahkan upgrade versi windows 10 home anda ke windows 10 pro.

Opsi Kedua: Download dan Install gpedit enabler

Jika anda tidak memiliki waktu untuk upgrade windows 10 ke versi pro maka cara termudah untuk dapat mendisable update windows 10 home dengan menambahkan (menginstal) fitur group policy editor secara manual.
Caranya: Download dan install (Run as administrator) file gpedit enabler dibawah ini.

Cara disable update windows 10 home

Setelah gpedit.msc windows anda telah bisa diakses (baik karena anda upgrade ke windows 10 pro atau dengan cara diinstal gpedit enabler), langkah selanjutnya yaitu proses disable atau mematikan update windows 10 itu sendiri. Caranya yaitu:

  1. Pada keyboard, tekan secara bersamaan tombol Window + R atau ketik gpedit.msc pada pencarian.
  2. Pada Computer Configuration pilih Administrative Template > Windows Components > pilih Windows Updates.
  3. Kemudian cari Configure Automatic Updates pada kolom sebelah kanan.
  4. Jika sudah ketemu, klik kanan Configure Automatic Update lalu pilih Edit.
  5. Selanjutnya pilih Disable > Apply dan Ok.
  6. Terakhir Restart komputer anda.
×
Terbaru Download
IDM 6.41 Build 7 full terbaru 2023